Gubernur Bengkulu Rohidin : Optimisme Dari Desa Dan Masyarakatnya Akan Menjadikan Sektor Wisata Di Pedesaan

0
65
Gubernur Bengkulu Rohidin : Optimisme Dari Desa Dan Masyarakatnya Akan Menjadikan Sektor Wisata Di Pedesaan
Gubernur Bengkulu Rohidin : Optimisme Dari Desa Dan Masyarakatnya Akan Menjadikan Sektor Wisata Di Pedesaan

AndalasUpdate.co, Bengkulu – Tren pemulihan ekonomi di level pedesaan pada sektor pariwisata, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu solusinya adalah dengan pembenahan dan pengembangan desa-desa wisata.

Desa-desa di Provinsi Bengkulu, kini mulai melakukan pengembangan wisata sesuai potensi yang mereka miliki. Bahkan beberapa desa wisata di Bumi Rafflesia, telah masuk nominasi TOP100 desa wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, tahun 2021 ini.

“Ini adalah wujud optimisme dari desa dan masyarakatnya, untuk menjadikan sektor wisata di pedesaan menjadi sumber peningkatan kesejahteraan, peningkatan ekonomi baru, bahkan pemulihan ekonomi saat ini, disamping menjaga alam dan kearifan lokalnya,” terang Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat berkunjung ke ekowisata desa Batu Ampar Kepahiang, Kamis (26 Agustus 2021).

Merangsang pengembangan desa-desa wisata di Bengkulu, lanjut Rohidin, Pemprov Bengkulu melalui dinas pariwisata menggelar lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu. Harapannya, desa-desa yang mempunyai objek serta potensi kunjungan wisata, bisa melakukan pengembangan dan pengelolaan sektor tersebut sehingga mampu menjadi sumber ekonomi baru.

“Tentunya tidak semua desa kita dorong menjadi desa wisata, menyesuaikan potensi dan karakteristik keunikan masing-masing. Bisa jadi ada desa industri, atau sektor lain,” ujar Rohidin.

Rohidin juga menceritakan petualangannya di Desa Belitar Sebrang Kabupaten Rejang Lebong. Desa itu miliki objek wisata memukau yakni Air Terjun Tri Sakti. Masyarakat desa sudah membuat master plan pengembangan pendukung objek wisata dengan perencanaan pembuatan wahana wisata, lengkap dengan kemasan nilai historis.

Wisata Desa Belitar Sebrang juga sempat masuk dalam nominasi TOP100 Desa Wisata kemenaprekraf. Air Terjun Tri Sakti dengan ketinggian tak kurang dari 80 meter dan air panas yang mengalir dari celah-celah batuan tebing batu menjadikan objek wisata di desa yang konon sempat disinggahi Sukarno itu, makin memukau.(ADV)

Sumber: (mc prov)

AndalasUpdate.Co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here