HUT ke 72, Bupati BS Ajak Tingkatkan Kerjasama Membangun dan Penanganan Covid-19

Andalasupdate.co, BENGKULU SELATANย – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selata, melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke โ€“ 72 tahun 2021 yang dilaksanakan di Balai Sekundang, Senin (8/3/2021). Peringatan Hari Jadi ke โ€“ 72 Kabupaten Bengkulu Selatan ini mengusung tema โ€œDengan Kenormalan Baru Kita Wujudkan Bengkulu Selatan Emas Dengan Cinta BSโ€.

Upacara dipimpin langsung Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi yang bertindak sebagai Inspektur upacara.

Dalam sambutannya orang nomor satu di Bumi Sekundang ini mengajak semua elemen menjadikan momentum Hari ulang Tahun ke-72 Tahun ini untuk meningkatkan kerjasama dan kinerja penanganan Covid-19 untuk perubahan Kabupaten Bengkulu Selatan yang lebih sehat dan lebih baik.

.

โ€œYang terpenting saat ini kita tetap utamakan protokol kesehatan Covid -19 yakni dengan 3B yaitu bemasker, bejauhan dan bebasuah. Serta turut serta mensukseskan program vaksinasi Covid -19. Saling mengingatkan dan mengajak mensukseskan vaksinasi Covid -19,โ€ ujar Bupati dalam sambutannya.

Besar harapan sambungnya, ada lompatan pencapaian target kinerja pemerintah daerah di awal kepemimpinan mereka pada periode 2021-2024.

โ€œKami akan tetap melanjutkan sejumlah program yang telah kami gagas pada tahun 2020 lalu. Dan merealisasikan program โ€“ program yang menjadi prioritas kami di tahun ini,โ€ ujarnya.

Program itu diantaranya Jemput Sakit Pulang Sehat (JSPS), asuransi hewan ternak, Bengkulu Selatan sentra jagung dimana saat ini Bengkulu Selatan menjadi penghasil jagung terbesar se Provinsi Bengkulu dan replanting sawit, BosDa yang satu-satunya hanya di Kabupaten Bengkulu Selatan, satu perawat satu desa hingga Jamkesda. Sementara untuk program yang akan dilaksanakan di tahun 2021 ini diantaranya, penumbuhan kampung ternak, program Paten. Dimana program ini kedepannya dapat mendorong roda ekonomi masyarakat mulai dari sektor peternakan kecil, besar maupun skala BumDes.

โ€œSebagian besar program yang kami laksanakan ini rerata minim menggunakan anggaran daerah bahkan tidak sama sekali. Kami berkolaborasi dengan pemerintah pusat maupun perbankan,โ€ sebut Gusnan.

Ditambahkannya, tahun 2021 salah satu program prioritas yakni terwujudnya Kios Sekundang. Dimamna program ini telah menginspirasi Pemkab Seluma dengan program yang sama. Terlaksananya program ini tidak tergantung dengan APBD.

โ€œProgram ini mendekatkan terwujudnya pasar modern di desa โ€“ desa yang berbasis digital. Transaksinya menggunakan sistem digital. Ada juga pusat jajanan warga yang akan menjadi peluang usaha para generasi muda tanpa modal usaha dan suku bunga karena kami menjalin kerjasama dengan pihak perbankan,โ€ ujar Gusnan.

.

Selain itu ada juga program CPO mini untuk mensiasati harga sawit di Bengkulu Selatan yang sering tergantung dengan konflik pabrik. Terwujudnya CPO mini ini sangat besar manfaatnya untuk mendongkrak roda perekonomian para petani sawit.

โ€œKami sangat mengapresiasi seluruh elemen masyarakat di Bengkulu Selatan karena terus berjuang, bersinergi, bergotong royong berkomitmen mensukseskan pembangunan Bengkulu Selatan yang elok, maju, aman dan sejahtera yang berlandaskan Cinta BS. Kedepan kami harapkan hal ini tetap terjadi demi terwujudnya mimpi โ€“ mimpi dalam membangun Bengkulu Selatan,โ€ tandas Bupati.(ADV)

AndalasUpdate.Co