BMKG: Tak Berpotensi Tsunami Gempa Terkini M4,9 Guncang Bengkulu Selatan

BENGKULU, AndalasUpdate.com – Gempa terkini berkekuatan Magnitudo (M) 4,9 mengguncang Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, Senin (23/5/2022), pukul 19.32 WIB. BMKG menyatakan gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.
Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa ini berepisenter terletak pada koordinat 4.61 Lintang Selatan dan 102.75 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 25 Kilometer (Km) Barat Daya, Kabupaten Bengkulu Selatan, pada kedalaman 41 Km.
Kepala Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Litman mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo Australia yang menunjam ke Lempeng Eurasia.
“Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Gempa tidak berpotensi tsunami,”
Hingga pukul 19.48 WIB, lanjut Litman, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.
“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Litman.

gempa bumi susulan. “Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Litman. Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, kata Litman, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Lampung Barat, Provinsi Lampung, dengan Skala Intensitas IV MMI. Lalu, di Kabupaten Kepahiang, Kota Bengkulu, dengan Skala Intensitas III – IV MMI.

AndalasUpdate.Co