Jelang Hari Raya Idul Adha, Polres Kaur Minta Masyarakat Waspadai Curnak

0
83
Jelang Hari Raya Idul Adha, Polres Kaur Minta Masyarakat Waspadai Curnak
Jelang Hari Raya Idul Adha, Polres Kaur Minta Masyarakat Waspadai Curnak

Andalasupdate.co, Kaur – Beberapa waktu kedepan Umat Islam akan merayakan hari raya Idul Adha atau Idul Kurban.

Terkait hal tersebut banyak masyarakat Kaur khususnya yang memiliki ternak seperti sapi atau kambing diminta untuk meningkatkan kewaspadannya akan kasus Pencurian Ternak (Curnak) miliknya.

Sebab, pada moment Idul idul Adha seperti ini, hewan ternak menjadi incaran empuk para pelaku pencurian.

“ Biasanya menjelang hari raya aksi curnak akan meningkat dibandingkan dengan hari biasa. Untuk itu kami minta kepada warga untuk lebih waspada.” Ungkap Kapolres Kaur Polda Bengkulu AKBP Dwi Agung Setyono S IK MH melalui Kasat Reskrim IPTU Indro Witayuda Prawira STK, kemarin ( Minggu ,27/06/21).

Kasat Reskrim menjelaskan, guna mencegah terjadinya Curnak diwilayah hukum Polres Kaur meminta agar lebih meningkatkan patroli dengan cara ronda malam untuk menjaga ternak yang ada.

Di wilayah Kaur, ada beberapa desa yang rawan aksi kriminalitas pencurian hewan ternak saat menjelang hari raya hewan kurban.

Bahkan, aksi yang dilakukan para pelaku kerap disertai kekerasan.

“Para pelaku pencurian kerap menggunakan peluang saat para pemilik ternak lengah. Juga para pelaku tidak berpikir panjang dan langsung melakukan kejahatan dengan cara mencuri hewan tersebut, bahkan mungkin diantaranya ada yang sudah merencanakan.” Jelas Kasat Reskrim.

Ditambahkan perwira dengan dua balok dipundak ini, dimana ada beberapa trik yang dapat dilakukan oleh pemilik ternak agar ternak aman dari aksi pencurian.

Diantaranya, saat diliarkan hendaknya tak jauh dari pantauan pemilik ternak atau bisa dilihat saat melakukan aktifitas, lalu saat dikandangkan diharapkan memiliki kunci pengamanan atau pintu diberi pengaman lebih serta menambah lampu penerangan.

Terpenting, pemilik ternak selalu memantau ternaknya setiap saat.

“Kami dari pihak keamanan akan berupaya melakukan patroli keperdesaan yang rawan aksi pencurian dan patroli itu tidak semata kami lakukan sendiri, tapi ini perlu dukungan semua pihak.” Pungkas Kasat Reskrim.

Sumber: (tribatanews)

AndalasUpdate.Co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here