Realisasikan Visi Misi, Bupati Gusnan: RPJMD Menuju Bengkulu Selatan Emas

Andalasupdate.co, BENGKULU SELATAN – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah penterjemah visi misi pada saat mencalon bagi masing โ€“ masing kepala daerah.

Dimana tujuan akhir dari RPJMD ini nanti menuju Bengkulu Selatan Emas serta Elok Aman Sejahtera, berdasarkan cinta BS dengan arti C (Cerdas) kemampuan Sumber daya manusianya (SDM), I (Integritas) orang yang bisa dipercaya, N (Inovatif) gagasan ataupun usaha, T (Tauladan) ketauladanan pemimpin Bengkulu Selatan mulai dari Bupati, Wakil Bupati, sampai ke Pemerintah Desa, A (Agamis) artinya berkelakuan baik sesuai dengan agama yang dianut.

Selain itu Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi mengatakan, selain dari CINTA tadi harus mempunyai skil yang tinggi ataupun kemampuan sehingga mampu mempunyai daya saing untuk itu RPJMD akan diarahkan mengkrucut keatas untuk pencapaian sebuah program kerja dan visis misi.

โ€œSehingga kedepannya anggaran yang kita miliki bisa lebih fokus dan terarah untuk melaksanakannya, agar nantinya akan ada perubahan di Sakip, terjadi perbaikan dipembelanjaan pemerintah daerah, dengan hasil angka kemiskinan bisa berkurang untuk mendapatkan kepuasan masyarakat atas kinerja yang kita lakukan,โ€ ucap Gusnan di ruang kerjanya, Selasa (06/04/2021).

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah penjabaran dari visi, misi, dan program Kepala Daerah yang penyusunannya berpedoman pada RPJPD serta memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

RPJMD memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum, dan program Satuan Kerja Perangkat Daerah, lintas Perangkat Daerah, program kewilayahan yang disertai dengan rencana-rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

โ€œDengan RPJMD ini kami juga berharap startegi pembangunan daerah kebijakkan umum dan satuan kerja perangkat daerah mampu menjalankan yang sekala prioritas mulai dari teksnisnya, fisik -fisik kegiatan, mulai dari indikator umumnya kegiatan ekonomi serta peningkatan kualitas SDM,โ€ paparnya.

Untuk itu kepada seluruh OPD bahkan pemerintah desa harus mampu menguasai green desaign RPJMD, dimana rencana ini nantinya akan dibuat serapi mungkin sampai kelini paling bawah, untuk menyatukan rencana tersebut tidak ada yang namanya visi misi OPD atau camat. Yang ada hanya visi misi Bupati Bengkulu Selatan, sehingga apa yang dilakukan OPD dan pihak kecamatan mengarah kesatu titik mensukseskan program dan visi misi yang sudah direncanakan.

โ€œKalau OPD dan Camat mempunyai visi misi sendiri disinilah akan terjadi RPJMD yang amburadul. Dengan tujuan akhir kita menyatukan RPJMD ini dari atas sampai kelini bawah agar seluruh kegiatan kita bisa lebih fokus,yang nantinya manfaatnya bisa dirasakan masyarakat dengan bagi meningkatnyaย  kesejahtraan,โ€ tandas Bupati (Adv).

Sumber: (MC BS)

AndalasUpdate.Co