Jatah Vaksin Covid-19 Untuk Pemprov Bengkulu Sebanyak 22.280 Dosis Tahap Awal

AndalasUpdate.co – Provinsi Bengkulu pada tahap pertama vaksinasi Covid-19 pada Januari 2021 mendapatkan jatah vaksin Sinovac dari Kementerian Kesehatan (Kemkes) sebanyak 22.280 dosis.

Kepala Bidang (Kabid) Pengecahan dan Pemberantasan Penyakit, Dinkes Bengkulu, Lismanyenti Bahar, di Bengkulu, Minggu (3/1/2020) mengatakan, vaksin Covid-19 rencananya hari Minggu (3/1/2020), diberangkatkan melalui jalan darat dari gudang Biofarma dan diperkirakan tiba di Bengkulu pada Selasa (5/1/2020). “Kami berharap tidak kendala di perjalanan dari Jakarta ke Bengkulu, sehingga vaksin ini tiba di Bengkulu dalam keadaan baik,” ujarnya.

Setelah tiba di Bengkulu,ย vaksin Covid-19 akan disimpan di tempat yang sudah disiapkan oleh Dinkes. Selanjutnya disalurkan ke masing-masing kabupaten dan kota di Bengkulu. Namun untuk menyalurkan vaksin Covid-19 ke kabupaten dan kotamenunggu pentunjuk operasional dari Kemkes. “Dinkes Bengkulu siap melaksanakan vaksinasi Covid-19 ke masyarakat sesuai petunjuk pemerintah pusat,” ujarnya.

Vaksinasi Covid-19 tahap awal diprioritaskan untuk tenaga kesehatan terdiri atas, dokter, bidan, perawat dan tenaga kesehatan lainnya. Untuk tahap kedua anggota TNI, Polri, ASN, aparat penegak hukum, petugas pelabuhan, terminal, bandara dan kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) 60 tahun. Sementara tahap ketiga masyarakat yang rentan dan tahap keempat masyarakat umum.

“Tahapan pemberian vaksinasi Covid-19 ini, akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan Kemkes bersama instansi terkait. Pelaksanaan pada Januari 2021,” ujarnya.

Lismanyenti menambahkan, nakes yang akan diberikan vaksin akan disampaikan pemerintah melalui SMS keย handponeย masing-masing atau bisa mengecek langsung ke pedulilindung.go.id.

Terkait jumlah Nakes di Bengkulu, yang mendapatkan vaksin Covid-19 tahap pertama, Lismanyenti belum dapat memastikan angka pastinya. Dinkes Bengkulu, akan mendata jumlah nakes yang ada di 10 kabupaten dan kota di daerah ini. (Sumber: BeritaSatu.com)

AndalasUpdate.Co